Format Pelatihan Untuk Guru

Akrabkah anda dengan kalimat perintah dibawah ini?
· “Anak-anak, bukalah buku cetak kalian halaman sekian…”
· “Anak-anak, buatlah ringkasan lalu garis bawahi hal yang menurut kalian penting didalam buku cetak kalian..”
· “Anak-anak kerjakanlah soal halaman sekian, lalu jika tidak selesai jadikan pekerjaan rumah ya!”

Jika jawabannya lebih banyak “ya”, berarti anda membutuhkan banyak strategi dalam mengajar. Tapi nanti dulu, banyak guru yang berpendapat bahwa membelajarkan siswa menggunakan strategi hanya membuat tugas guru yang banyak menjadi bertambah banyak. “Kenapa sih harus dengan strategi? Kalau metode yang sekarang saja siswa sudah mengerti dan tidak protes”. Ada juga guru yang khawatir disemprot oleh kolega nya karena dianggap keluar dari pakem yang selama ini ada.

Untuk itu tugas institusi sekolah adalah membuat situasi agar guru mempergunakan strategi saat membelajarkan siswanya. Salah satunya dengan mengadakan sebuah pelatihan yang bersifat peserta aktif. Sebuah pelatihan yang apapun tema yang dibahas tetapi mempergunakan strategi yang langsung bisa diterapkan saat guru kembali ke kelas.
Sama seperti siswa, guru pun terkadang merasa bosan dan cepat lelah jika dilatih atau dibelajarkan dalam suasana metode ceramah atau sang presenter hanya sibuk membacakan slide saja.

Silahkan melihat atau mendownload video pelatihan yang saya pernah adakan untuk menambah perbendaharaan strategi belajar anda (sumber : http://gurukreatif.wordpress.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar