Aspek dan Kriteria Penilaian Media Pembelajaran

Aspek Rekayasa Perangkat Lunak

* Efektif dan efisien dalam pengembangan maupun penggunaan media pembelajaran
* Reliable (handal)
* Maintainable (dapat dipelihara/dikelola dengan mudah)
* Usabilitas (mudah digunakan dan sederhana dalam pengoperasiannya)
* Ketepatan pemilihan jenis aplikasi/software/tool untuk pengembangan
* Kompatibilitas (media pembelajaran dapat diinstalasi/dijalankan di berbagai
hardware dan software yang ada)
* Pemaketan program media pembelajaran terpadu dan mudah dalam eksekusi
* Dokumentasi program media pembelajaran yang lengkap meliputi: petunjuk instalasi
(jelas, singkat, lengkap), trouble shooting (jelas, terstruktur, dan antisipatif),
desain program (jelas, menggambarkan alur kerja program)
* Reusable (sebagian atau seluruh program media pembelajaran dapat dimanfaatkan
kembali untuk mengembangkan media pembelajaran lain)

Aspek Desain Pembelajaran


* Kejelasan tujuan pembelajaran (rumusan, realistis)
* Relevansi tujuan pembelajaran dengan SK/KD/Kurikulum
* Cakupan dan kedalaman tujuan pembelajaran
* Ketepatan penggunaan strategi pembelajaran
* Interaktivitas
* Pemberian motivasi belajar
* Kontekstualitas dan aktualitas
* Kelengkapan dan kualitas bahan bantuan belajar
* Kesesuaian materi dengan tujuan pembelajaran
* Kedalaman materi
* Kemudahan untuk dipahami
* Sistematis, runut, alur logika jelas
* Kejelasan uraian, pembahasan, contoh, simulasi, latihan
* Konsistensi evaluasi dengan tujuan pembelajaran
* Ketepatan dan ketetapan alat evaluasi
* Pemberian umpan balik terhadap hasil evaluasi

Aspek Komunikasi Visual


* Komunikatif; sesuai dengan pesan dan dapat diterima/sejalan dengan keinginan
sasaran
* Kreatif dalam ide berikut penuangan gagasan
* Sederhana dan memikat
* Audio (narasi, sound effect, backsound,musik)
* Visual (layout design, typography, warna)
* Media bergerak (animasi, movie)
* Layout Interactive (ikon navigasi)
(sumber : romisatriawahono.net)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar