Membekali siswa menghadapi masa depan dengan pembelajaran berbasis proyek

Coba anda lihat definisi sebuah metode pembelajaran dibawah ini;

Proyek perseorangan atau grup, dilaksanakan dalam jangka waktu tertentu, menghasilkan sebuah produk atau sebuah aksi, yang hasilnya kemudian akan ditampilkan atau dipresentasikan. Saat pengerjaan kelas menggunakan berbagai macam bahan-bahan, dengan pendekatan belajar aktif atau berpusat pada siswa . Menggunakan: pendekatan kontruktivis, problem solving, inquiry, riset, pembelajaran terpadu, pengetahuan dan ketrampilan, evaluasi, refleksi, dan lain-lain

Model pembelajaran apakah itu? Yang pasti berat sekali jika sebagai guru kita harus merencanakan pembelajaran model seperti itu. Apalagi jika kita berpikir soal penghasilan yang didapat, serta beban pekerjaan lainnya. Sepertinya akan jauh dari menantang jika kita menerapkan model pembelajaran seperti itu, yang ada hanyalah beban pekerjaan yang makin menggunung.

Tapi nanti dulu, apakah anda sering melihat dan memperhatikan lowongan di surat kabar? Ini saya cuplikan beberapa kriterianya hanya untuk anda.

* Dapat menghandle sales team activity, administrasi sales, dan Sales planning
* Mempunyai daya analisa yang baik.
* Terbiasa bekerja dengan target.
* Experience in handling high recruitment volume.
* With tight deadline is highly preferred.
* Able to work hard independently and able to Work within a team.
* Computer literate especially Microsoft Officer.
* SAP experience as a high advantage.
* Strong in development and management skills.
* Strong in analysis, problem salving and Interpersonal skills.
* Strong in communications skills, English is a Must & other language (s) is preferred.

Saya tidak memilih-milih jenis lowongan, yang saya lakukan hanyalah mengambil secara acak beberapa lowongan yang terbit.

Apabila anda analisa dan hubungkan antara gaya mengajar anda sekarang dengan syarat lowongan pekerjaan yang ada diata s? Apakah kira-kira hal-hal diatas sudah anda persiapkan kepada siswa anda. Sebenarnya apa yang kita harapkan sebagai guru dari siswa kita saat proses belajar mengajar.

Jika pertanyaan ini ditanyakan pada seorang guru ada banyak sekali macam jawaban yang akan timbul. Misalnya agar siswa menguasai bahan ajar dan kurikulum yang diajarkan dan seterusnya. Bagaimana dengan tantangan yang siswa kita hadapi saat mereka besar nanti?

Tantangan masa kini yang kita lihat dari tulisan lowongan yang saya cuplikan untuk anda diatas, saya yakin tidak akan bisa dipenuhi oleh pembelajaran yang mengandalkan ceramah guru serta buku teks sebagai satu-satunya pegangan.

Tantangan yang siswa kita hadapi begitu kompleksnya sampai kita membutuhkan sebuah metode pembelajaran yang membuat mereka senang belajar sambil membentuk sikap mereka untuk dapat menghadapi masa depan.

Salah satu metode pembelajaran yang dianggap bisa membekali mereka di masa depan adalah pembelajaran berbasis proyek.

Tipe pembelajaran seperti ini masih dianggap yang paling sesuai demi memenuhi tantangan jaman dikarenakan tipe pembelajaran ini mengembangkan sikap:

1. Berpikir kritis

2. Melakukan kerja sama

3. Mengatur waktu

4. Bertanggung jawab terhadap proses embelajarannya sendiri

5. Penggunaan teknologi dengan tepat guna

6. Bekerja dalam kerangka multi disiplin

7. Berpikir kreatif

8. Pemecahan masalah

9. Kepemimpinan

10. Tanggung jawab

11. Etika dalam dunia kerja

12. Pengambilan keputusan

13. Melakukan riset

(sumber : Posted by agusampurno http://gurukreatif.wordpress.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar