Belajar Bahasa Jepang ?

santai : Sangking ngga ada topik buat ditulis, iseng-iseng berbagi ilmu dan pengalaman...

Cukup banyak saya bertemu orang, entah itu di dunia maya atau di kehidupan nyata(terutama mahasiswa sastra jepang Unsada 07, wuakaka senior neh ceritanya...), yang menanyakan "gimana sih caranya belajar Bahasa Jepang?".

Yah memang, bahasa Jepang merupakan salah satu bahasa asing yang tergolong rumit. Yang membuat rumit adalah tulisannya, yang mana ada tiga jenis aksara, dan juga adanya konjugasi kata kerja. Kalau teman-teman sekalian memang ingin belajar bahasa Jepang, kita lupakan saja dulu masalah-masalah tersebut. Let's have fun, dibawa seneng aja.

Setelah lumayan lama berkecimpung di bahasa Jepang, walaupun masih sangat jauh dari cukup. Saya menemukan suatu metode belajar yang lumayan oke. Pertama, dalam belajar bahasa Jepang, persiapan yang perlu dilakukan adalah memperbanyak kosa kata, hal ini sangat penting untuk kemudian hari. Gimana mau spik Nippon kalau kosa katanya aja ngga tau? Caranya, sering-sering aja liat kamus Jepang, atau mungkin kamus terlalu berat? Well, ada banyak alternatif lain. Misalnya nonton dorama Jepang, anime mungkin, atau dari game. Dan selagi belajar kosa kata, mulailah mengenal tulisannya. Cukup iseng-iseng aja nulis karakter-karekter hiragana dan katakana. Dosen saya pernah bilang, tulisan hiragana, katakana dan kanji itu yang hafal bukan otak, tapi tangan.

Sedikit cerita, ada teman saya, sebelum kuliah, dia sudah duluan mempelajari bahasa Jepang, otodidak lho! Terus ikut kursus cuma buat dapet sertifikat doang. Menurut dia pengaruh terbesar dari progress bahasa Jepangnya adalah berkat menonton dorama. Dia belajar banyak dari dorama, mulai dari kosa kata, nada bicara, dan lain-lain. Dan hasilnya, dia jadi mahasiswi "ter-canggih" di angkatan 07.

Well, the point is, dalam belajar bahasa Jepang, yang terpenting menurut saya adalah memperbanyak kosa kata dulu, karena dalam tata bahasanya kita cukup menambah partikel saja. Jadi setelah panjang lebar ngga jelas, kira-kira tahapannya seperti ini:

1. Perbanyak kosa kata anda
2. Sering-seringlah nonton dorama, anime, atau main game yang berbahasa Jepang, eroge juga boleh hehehe, dianjurkan malah, karena banyak kata-katanya.
3. Sambil belajar kosa kata, sekalian iseng-iseng belajar tulisannya, cukup hiragana dan katakana saja dulu.
4. Dan niscaya, ketika memasuki pelajaran tata bahasa, anda tidak menemukan kesulitan yang terlalu berarti.my.opera.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar