Melatih Otak Hanya dengan Berberapa Klik

Menggunakan fitur pencarian di internet membantu dewasa dan orang berusia lanjut untuk mempertahankan daya ingat agar tetap berada pada kondisi optimal, menurut ilmuwan AS baru-baru ini. Ilmuwan di University of California Los Angeles (UCLA) melakukan studi ini dengan merekam aktivitas otak melalui functional magnetic resonance imaging scan melihat bahwa "orang-orang yang sering melakukan pencarian di internet menggunakan lebih banyak aktivitas otak sewaktu mereka mencari," kata Dr. Gary Small, pakar penuaan UCLA dalam sebuah wawancara telepon, "menegaskan bahwa pencarian di internet dapat melatih otak dan menjaga otak agar tetap aktif dan sehat."

Banyak studi yang mengatakan bahwa permainan asah otak seperti puzzle dapat mempertahankan fungsi otak, namun belum banyak yang mempelajari dampak penggunaan internet terhadap daya ingat. Small mengatakan bahwa "ini adalah pertama kalinya seseorang melakukan pindai otak saat obyek sedang melakukan pencarian di internet."

Studi dilakukan pada 24 orang yang berusia 55 sampai 76 tahun. Separuh dari mereka sudah sering melakukan pencarian di internet, sementara separuhnya lagi belum memiliki pengalaman mencari. Kedua kelompok kemudian diminta melakukan pencarian internet dan membaca buku sementara aktivitas otak mereka diawasi.

"Kami menemukan bahwa aktivitas membaca buku mengaktifkan visual kortex — bagian dari otak yang mengontrol bahasa. Pada pencarian internet, aktivitas yang dilakukan jauh lebih banyak, namun hal ini hanya berlaku bagi kelompok yang biasa menggunakan internet," jelas Small.

Small mengatakan bahwa orang yang terbiasa menggunakan internet dapat memicu tingkat aktivitas otak yang jauh lebih dalam. Pada otak yang sudah menua, pengurangan aktivitas sel dapat berdampak negatif pada fungsi kognitif. Aktivitas otak yang lebih dapat mempertahankan kesehatan otak dan kemampuan berpikir.

Small berpendapat bahwa mempelajari cara melakukan pencarian di internet merupakan salah satu aktivitas tersebut. "Mungkin kita dapat mengajarkan trik internet baru pada otak yang sudah tua," tutur Small. udaramaya.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar