Memupuk Kejujuran Anak-Anak Sejak Dini

Memupuk kejujuran anak-anak sejak dini bakal menuai keluhuran budi pekerti. Contohnya, Sekolah Dasar Great Crystal International School (GCIS) yang membuka kantin kejujuran (honesty canteen). Kantin sekolah di Jalan Raya Darmo Permai itu membiarkan anak-anak membeli, membayar, dan mengambil uang kembalian saat jajan.

Kepala sekolah GCIS Kristianawati mengatakan, kantin tersebut sengaja dibuat untuk melatih kejujuran siswa. Praktik seperti itu merupakan aplikasi pelajaran budi pekerti. "Kami ingin melatih kejujuran sejak anak usia dini," katanya kemarin (8/11).

Di kantin kejujuran tersebut, siswa membeli makanan dan minuman tanpa dilayani pelayan dan kasir. Hanya ada dua toples yang berfungsi sebagai tempat meletakkan uang dan mengambil kembalian. Dalam kantin itu, ada meja berukuran besar. Makanan dan minuman tertata berjajar di atasnya, lengkap dengan tulisan harga masing-masing.

"Selain melatih kejujuran, kantin ini bisa menjadi tempat berlatih menghitung," ujar Kristianawati. Saraf motorik siswa dilatih dengan menghitung berapa yang harus dibayar dan berapa kembaliannya.

Kantin kejujuran berdiri pada Juni lalu. Pada dua bulan pertama, masih ditemukan selisih antara pembayaran dan uang kembalian. Namun, kata dia, menginjak bulan ketiga dan keempat, sudah tidak ada selisih lagi.

Karena itu, setiap hari sekolah memberikan nasihat tentang arti penting kejujuran. Banyak juga siswa yang salah menghitung uang kembalian. Sekolah pun terpaksa tekor untuk mengganti. "Setelah empat bulan, hal seperti itu ternyata tidak terjadi lagi," tuturnya(sumber : www.jawapos.com).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar